Batam malam hari

Batam malam hari

Kamis, 28 Mei 2009

Surat Kabar di Kota Batam

Media massa berperan besar dalam pembangunan Kota Batam. Media massa memiliki kekuatan untuk membantu pertumbuhan suatu daerah untuk menjadi semakin berkembang. Terutamanya Koran atau surat kabar. Di Batam, membaca koran telah menjadi suatu kebiasaan yang memang sudah menular. Kebiasaan penduduk Kota Batam yang gemar membaca koran ini merupakan suatu kebiasaan yang patut diacungi jempol.
Dapat kita lihat di jalan-jalan Kota Batam pada pagi hari, banyak sekali orang yang membeli ataupun sekedar membaca koran di warung-warung tepi jalan. Minat membaca di Kota Batam mungkin akan semakin terkobar bila nanti di Batam ada perpustakaan daerah. Di Batam ada beberapa surat kabar yang merupakan surat kabar kebanggaan Kota Batam, karena surat-surat kabar ini tidak hanya beredar di Kota Batam tetapi juga di Kepri.
1. Batam Pos. Batam Pos memiliki moto: Koran Nasional Pertama dan Terbesar dari Batam. Batam pos beredar ke seluruh Wilayah Kepri bahkan juga ke Malaysia dan Singapura. Batam Pos terbit sejak 10 Agustus 1998. Sebelum merubah nama menjadi Batam Pos, awalnya diberi nama Harian Pagi Sijori Pos. Menurut keterangan wartawan Batam Pos, nama tersebut diubah karena pada waktu itu banyak masyarakat Batam tidak mengetahui apakah itu Sijori, sehingga dianggap kurang memasyarakat. Sampai hari ini Batam Pos telah dikenal sebagai penerbitan yang profesional dengan segudang prestasi baik di tingkat provinsi Sumatra maupun nasional. Redaksi Batam Pos berada di gedung graha pena. Dan websitenya adalah: http://www.batampos.co.id/
2. Tribun Batam. Tribun Batam memiliki moto: spirit baru kepri. Redaksinya beralamat di Komplek MCP Jl Kerapu Batu Ampar. Websitenya adalah: http://www.tribun-batam.com/. Sama dengan Batam Pos, tribun juga merupakan surat kabar yang diedarkan di Kepri dan juga merupakan salah satu koran yang paling diminati.
3. Sijori Mandiri. Sijori Mandiri baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-8. Setiap tahun sijori mandiri selalu mengadakan acara-acara dan perlombaan di hari ulang tahunnya. Pada tahun 2008 lalu, sijori mandiri mengadakan lomba cerdas cermat pelajar kepri, sedangkan tahun ini sijori mandiri mengadakan lomba penulisan artikel untuk kategori pelajar, umum, dan mahasiswa. Sijori mandiri juga merupakan surat kabar yang diedarkan ke seluruh Kepri. Sesuai dengan motonya: suara hati masyarakat kepri. Anda dapat mengaksesnya melalui: http://sijorimandiri.net
4. Posmetro. Posmetro berdiri pada tanggal 14 Februari 2000. Posmetro bertempat sama dengan redaksi Harian Pagi Batam Pos yaitu di gedung Graha Pena. Posmetro lebih mengkhususkan berita-berita yang berbau kriminalitas. Harganya juga relatif murah dibanding yang lain, yaitu hanya 1000 rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar