Batam malam hari

Batam malam hari

Kamis, 28 Mei 2009

Potret Pedagang di Warung Sekitar Wisata Jembatan Barelang


Pedagang di warung sekitar jembatan barelang memiliki peran besar dalam wisata Kota Batam. Tidak heran, karena daerah di sekitar itu memang merupakan tongkrongan yang asyik bagi kalangan masyarakat kecil maupun wisatawan mancanegara yang ingin mencicipi dagangan yang dihidangkan. Mulai dari kelapa muda, sate udang goreng tepung, kepiting goreng tepung, rempeyek, jagung bakar, dan sebagaiannya.
Namun, yang biasanya menjadi tujuan utama para pembeli untuk nongkrong atau membeli makanan di warung-warung tersebut adalah kekhasan menu jagung bakar. Menu jagung bakar merupakan menu yang paling laris. Selain itu, di warung-warung sekitar jembatan barelang juga menjual buah naga, buah khas Batam. Tentu saja para pengunjung jembatan barelang akan tertarik untuk membeli.
Sangat disayangkan, perhatian masyarakat telah beralih ke pertunjukan-pertunjukan band yang dianggap menarik daripada berwisata ke jembatan barelang. Padahal, tidak akan ada penyesalan setelah berkunjung ke tempat yang benar-benar memiliki potensi wisata tersebut. Para pedagang di warung-warung sekitar jembatan barelang tersebut masih berstatus sebagai pedagang kaki lima, status lahan yang mereka tempati masih belum jelas. Sampai saat ini kondisi warung-warung tersebut masih terlihat tidak menarik dipandang, karena bangunannya adalah bangunan liar. Mudah-mudahan saja pemerintah Kota Batam terutama di bidang pariwisata memberikan perhatian pada hal ini.
Apakah Anda juga tertarik untuk mencicipi jagung bakar di jembatan barelang?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar